256 Lansia Desa di Vaksinasi


Kamis, 1/4/2021 Pak Imam Kepala Dusun Kaliasem agak gugup ketika warganya sudah mulai berkumpul di depan rumahnya, karena mobil antar jemput untuk Vaksinasi Lansia belum juga datang, mereka adalah warga dusun Kaliasem yang lanjut usia dan ditetapkan sebagai penerima Vaksin Covid-19 Gratis, selang beberapa menit mobil pun datang, dengan sabar Pak Imam membantu para lansia untuk naik ke mobil jemputan. Demikian suasana pagi itu, senyum dan senda gurau para lansia juga lucu-lucu, ada yang menceritakan masa kecil mereka, mereka juga sudah tidak menggunakan bahasa kromo inggil, namun menggunakan bahasa sehari-hari misal deke, rika yang artinya kamu.

483 lansia Desa Gondang terdata sebagai penerima Vaksin Covid-19 Gratis, Vaksinasi dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Watumalang, antusias warga dalam mengikuti Vaksinasi Covid-19 cukup rendah, data yang mengikuti Vaksinasi Covid-19 Gratis hingga jadwal yang ditentukan sejumlah baru 256 Warga Lansia. Selain kesadaran untuk mengikuti Vaksinasi Covid-19 juga berbagai macam kendala seperti kesehatan atau keterbatasan lainnya pada lansia yang terdata. Vaksinasi Covid-19 Gratis ini baru tahap I, masih akan ada Vaksinasi Covdi-19 tahap II dan akan dimaksimalkan kembali.

Mahsun, Kepala Dusun Kalitulang akan berusaha untuk memaksimalkan keikutsertaan Vaksinasi lansia pada tahap selanjutnya, pendekatan persuasif akan dilakukan agar kesadaran akan pentingnya Vaksinasi Covid-19 ini prosentase bisa naik. Seluruh Kepala Dusun sadar bahwa tidak semua warga percaya tentang Covid-19, namun tetap akan berusaha memaksimalkan demi kesehatan dan kenyamanan warga di Dusun masing-masing.

Ahmad Faqih, warga RT 27 RW 7 Dusun Kaliasem, lansia sekaligus tokoh agama bangga bahwa sudah di Vaksinasi Covid-19, sekarang lebih percaya diri lagi untuk kegiatan-kegiatan keagamaan tentunya tetap menggunakan protokol 3 M. Beliau juga siap membantu mendekati jamaah keagamaan untuk bisa mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap selanjutnya. Anggaran Transport Vaksinasi Covid-19 Gratis diambilkan pada APBDesa 2021 refocusing, anggaran untuk Desa Aman Covid-19 sebesar 60 juta rupiah. 


Total Dibaca