Sejarah Desa

Asal-Usul Pembentukan Desa

Desa Gondang berdiri pada tahun…….yang belum diketahui sejarahnya. Diperkirakan berdiri pada abad 18 ketika terjadi perang Diponegoro melawan Belanda. Sehingga desa Gondang ini lahir sebelum Indonesia  merdeka pada tahun 1945.

Hingga saat ini pemerintah desa Gondang belum menemukan dokumen dan bukti sejarah yang menyebutkan tahun berdirinya desa Gondang. Sejarah desa Gondang hanya bisa diruntut berdasarkan cerita lisan yang berkembang secara turun menurun di tengah masyarakat, bahwa Desa Gondang didirikan oleh seorang prajurit pengikut Pangeran Diponergoro pada abad ke 18 yang berasal dari Mataram sekarang Yogyakarta. Salah satu tokoh pendiri Desa  Gondang adalah penyebar Agama Islam bernama Imam Gondo Wardoyo. Sedangkan prajurit Pangeran Diponegoro tersebut ada kemungkinan ada hubungannya dengan Lurah Pertama karena beliau keturunan dari kraton Mataram. Hingga saat ini belum ada dokumen dan bukti sejarah yang menorehkan nama pendiri desa Gondang pada saat itu.

Menurut riwayat dari cerita yang berkembang di penduduk, desa Gondang merupakan nama yang diambil dari nama pohon yang banyak tumbuh di desa ini jaman dahulu, yaitu Pohon Gondang. Terdiri dari 3 dusun yaitu dusun Gondang, Kalitulang dan Kaliasem. Dusun Kalitulang, karena wilayah dusun tersebut di lalui oleh sungai yang batunya hilang (tidak ada batuannya) sedangkan dusun Kaliasem di ambil dari nama Mata Air yang berasa Asam yang ada di dusun tersebut.  Sejarah ini ditulis berdasarkan cerita secara turun-temurun, mulut ke mulut. Salah satu narasumber yang  menjadi rujukan penulisan sejarah desa Gondang  adalah salah satu putra dari Lurah/Glondong/kepala desa pertama desa gondang yaitu bapak Muh Zaeni Imam Siswoyo kepada Sekdes Gondang periode 1993-2015 yaitu Bapak Muh Aziz. 


Total Dibaca