Wisata

Wisata  Alam Di Desa Gondang

Sunrise Spot Kaliasem

Topografi Desa Gondang yang berbukit membuat desa ini memiliki tempat-tempat dengan pemandangan alam yang indah. Di area persawahan yang hijau, dan dihiasi dengan  gagahnya Gunung Sindoro dan Sumbing menjadi titik yang sangat ideal untuk mengambil gambar. Pertama kali foto matahari terbit di Kaliasem ini diviralkan oleh warga bernama BIYANTI yang merupakan fotografer berbakat. setelah foto viralnya, kini banyak fotografer dari berbagai wilayah datang untuk mengambil gambar di spot yang viral ini.

Setiap orang yang melihat hasil foto di spot ini pasti akan kagum dengan komposisi yang sangat lengkap. teruatama Bangungan Masjid Baitu Muttaqin yang berarsitektur indah dan berlokasi dipuncak persawahan. Penasaran ingin datang kemari? Anda harus rela bangun pagi melawan dinginnya udara di sini ya.... 

Mata air (TUK) Banyu Asem

Lokasi wisata alam yang lainnya yang juga berada di Dusun Kaliasem Desa Gondang adalah mata air (Tuk) Banyu Asem. Sesuai dengan namanya, mata ait ini megeluarkan air yang berasa asam pekat. Belum diketahui mineral apakah yang terkandung di dalam air tersebut. Mata air ini juga merupakan salah satu dari tujuh sumber mata air yang diambil dalam prosesi hari jadi Kabupaten Wonosobo tiap tahunnya.

Sebelumnya, lokasi wisata ini hanya digunakan untuk MCK penduduk sekitar, namu sejak adanya gerakan peduli wisata yang digagas oelh para pemuda dan pemudi Dusun Kaliasem, akhirnya lokasi wisata ini layak untuk dikunjungi. Aengan saung, fotobooth dan berbakai ornamen yang dibuat secara kreatif oleh pemuda membuat kawasan ini menjadi menarik.

Belum ada penelitian resmi, namun banyak warga percaya, banyu asem ini bisa mengobati berbagai penyakit baik penyakit kulit maupun penyakit lainnya. Namun tidak sembarangan pengunjung bisa beruat seenaknya di lokasi ini, Dusun Kaliasem yang dikenal religius, sangat melarang prosesi musyrik berupa penyembahan pohon beringin yang ada di lokasi mata air. 

Ayo berkunjung kemari, dan rasakan sendiri sensasi asam alami dari tuk banyu asem. Pemerintah Desa Gondang sedang berupaya meningkatkan kualitas wisata ini agar bisa emningkatkan taraf perekonomian warga di sekitanya.


Total Dibaca