Penyampaian Informasi tidak harus selalu melalui Musyawarah Desa


Kepala Desa Gondang, Abadi, S.Pd. sering melakukan kunjungan silaturahmi ke rumah tokoh-tokoh masyarakat guna menyampaikan informasi tentang penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Dengan demikian diharapkan, tokoh masyarakat dapat menyebarkan informasi kepada lingkungan di sekitarnya dengan baik. Kepala Desa Gondang sangat mengutamakan silaturahmi demi menjaga hubungan baik antara pemerintah desa dengan orang-orang yang berpengaruh di lingkungannya. 

Pada Jum'at (2/3) Kades Abadi, begitu panggilan akrabnya, silaturahmi ke warga RT 21 RW 6 Dusun Kalitulang, banyak perbincangan bersama beberapa tokoh masyarakat diantaranya Bapak Midzin dan Pak Kuat. Tidak hanya sebatas pada penyampaian informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa saja namun juga diskusi tentang kemajuan Desa. Seperti yang disampaikan pak Midzin yang mengapresiasi kekompakan kerja perangkat Desa Gondang dan kekompakan warga desanya dalam berbagai macam kegiatan. Berbeda dengan Pak Kuat, beliau menyampaikan keberhasilan warga pemuda Dusun Kalitulang dalam pengelolaan sampah, walaupun masih sebatas memindahkan ke TPA Kabupaten Wonosobo.

Menurut Kades Abadi, silaturahmi seperti ini sangat perlu dilakukan, hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan pembangunan di Desa Gondang. Silaturahmi rutin ini biasa dilakukan oleh Kades Abadi dalam 1 minggu 2-3 kali dimulai pukul 19:30 sampai pukul 00.00. Kades Abadi sadar betul bahwa sebagai Bapak di Desa Gondang maka perlu mengetahui kondisi warga desa yang sebenarnya, bahkan hingga hal-hal kecil, kalau orang jawa mengatakan "kemplawere tali rafia seng ilang ya kudu ngerti", sebagai contoh di rumah warga Dusun Gondang tepatnya di RT 02 ada warga yang jendelanya belum ditutup padahal sudah jam 11 malam, maka diketuklah pintu rumah warga tersebut, dan langsung mengingatkan untuk menutup jendela agar tidak terjadi hal-hal yang bisa merugikan warga sendiri seperti tindakan pencurian atau sakit karena masuk angin. 

Diskusi bersama Pak Midzin dan Pak Kuat malam ini terasa berbeda, banyak masukan-masukan dan wejangan juga yang diberikan oleh Pak Sabar sebagai sesepuh warga Dusun Kalitulang tentang keikhlasan, kegiatan peribadatan dan mengingat masa ketika Kades Abadi masih tinggal di Kalitulang juga diskusi tentang keorganisasian diluar pemerintahan seperti organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan yang juga termasuk menjadi isu terhangat saat ini.


Total Dibaca