Pasar

PASAR WAGE DESA GONDANG

Desa Gondang memiliki potensi ekonomi yang menjadi mata pencaharian penduduknya yaitu Pasar Desa. Merupakan Desa yang beruntung karena tidak semua desa memiliki pasar. Pasar Desa ini memiliki kios-kios yang masih sederhana karena merupakan pasar tradisional yang pedagangnya kebanyakan adalah pedagang turun-temurun.

Komoditas yang diperjual-belikan antara lain sayuran, buah-buahan, warung makan, pakaian, sembako, jasa jahit, counter pulsa dan HandPhone, jasa fotokopi dan lain sebagainya. Dekat dengan posisi pasar tersebur diimbangi dengan adanya terminal angkot jurusan Gondang-Bumiroso-Wonosobo dan Gondang-Pacarmulyo-Wonosobo dan juga pangkalan Ojek konvensional.

Dibalik potensi tersebut, ada permasalahan klasik yang belum bisa dicari penyelesaian sampai saat ini adalah permasalahan tentang tatakelola hak guna pakai kios/los pasar. Dimana belum adanya aturan tegas yang mengatur tentang aturan status hak dari pemilik kios tersebut. Banyak pemilik kios memperjual belikan kiosnya seolah0olah adalah milik pribadi sedangkan kios tersebut berdiri diatas tanah GG Desa Gondang. Sehingga tidak ada pemasukan ke PAD (PEndapatan Asli Desa ) dari keberadaan kios tersebut. Semoga Pemerintah Desa bisa segera menyelesaikan masalah ini dengan baik.

 


Total Dibaca