Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik " Sarahsehan Tikungan Tajam Dana Desa"


Selasa 23 Maret 2021 mulai puku 19.00 WIB  bertempat di Gedung Olah Raga Desa Gondang dilaksanakan Sosialisasi tentang Informasi Publik berupa Transparansi Keuangan Dana Desa yang dikemas dengan apik oleh Tim dari Serasi. Dalam acara tersebut disampaikan tentang pentingnya keterbukaan informasi dan juga untuk mensosialisasikan tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ( PPID) Desa Gondang.  Dimana Dana Desa yang menjadi objek berbagai Pemeriksaan auditor sangan rentan terjadi kesalahpahaman dari warga.

Kepala Desa Gondang meyampaikan bahwa segala tata urutan pengelolaan dan tahapan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa secara umum di Kecamatan Watumalang dan khususnya di Desa Gondang sudah sesuai dengan apa yang tercantum dalam aturan yang berlaku. Seperti Musdes RKPDesa pada tiap bulan Juli, peserta Musdes dari segala unsur, ketransparansian lewat Infografis baik banner maupun website, penetapan APBDesa dan kebutuhan warga Desa. Kepala Desa Gondang juga menekankan kepada seluruh warga untuk bisa dan mau mengakses ketransparansian Data Desa yaitu bisa lewat website Open Data Kabupaten Wonosobo, dalam website tersebut bisa dilihat segala jenis Data Desa yang tentunya jika ada yang tidak paham bisa ditanyakan ke Pemerintah Desa, lanjutnya.

Sedangkan Suwondho Yudistiro, Anggota DPRD Kabupaten Wonosobo menyampaikan perlunya sinergitas antara Pemerintah Desa dan Pemerintah Kabupaten agar tidak adanya saling tumpang tindih atau double anggaran pada satu kegiatan. Beliau menekankan apabila ada satu kegiatan ada doble anggaran maka dipastikan tidak akan disetujui atau di tolak. Sebagai contoh pengajuan rehabilitasi sungai wangan tandu, karena adanya pengajuan dari dua dapil yaitu Dapil Mojotengah dan Dapil Watumalang maka tertolak, karena disini adanya tumpang tindak pada satu lokasi. Beliau menekankan jikalau permasalahan sungai Wangan Tandu maka cukup satu dapil saja yang menyampaikan. 

BPD Desa Gondang sebagai salah satu peserta memberi apresiasi yang sebesar-besarnya kepada penyelenggara, Ilzam, Ketua BPD Desa Gondang menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi seperti ini perlu terus dilakukan, tentunya sangat bermanfaat bagi Desa. Novita, anggota PKK Desa Gondang juga memberi pendapat bahwa untuk ke depan agar peserta perempuan dan ditambah lagi. Sedangkan Pak Mahsun, Kadus Kalitulang merasa sangat terbantu terutama pemberian informasi kepada Masyarakat Desa tentang Dana Desa menjadi cukup ringan. Ada beberapa pokok yang disampaikan diantaranya perubahan prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021,  Prioritas Penggunaan Dana Desa setiap tahunnya berubah sesuai dengan kepentingan Nasional misalnya Tahun 2021 Prioritas menggunakan mekanisme SDG's Desa, sehingga desa juga harus segera mengikuti aturan-aturan terbaru, mempelajari, menyesuaikan bahkan mengganti prioritas. Menurut Radityas, Pendamping Desa Kecamatan Watumalang, Desa-Desa di Kecamatan Watumalang hingga saat ini masih sangat mampu untuk mengikuti hal tersebut, SDM di Pemerintah Desa juga sangat memadai.

Panitia Sosialisasi tentang Informasi Publik berupa Transparansi Keuangan Dana Desa tidak hanya sebatas pada infografis, website dan medsos saja, namun hingga pada diskusi ditingkat paling kecil, pangkalan ojek, warung kopi dan lainnya, Desa Gondang dipandang sangat mampu untuk melakukan itu, ungkap Farid Gaban, Jurnalis.

Acara ini berkat kerjasama narasumber:
1. Abadi - Kepala Desa Gondang Kecamatan Watumalang
2. Suwondo Yudhistiro - DPRD

Panelis:
1. Farid Gaban - Jurnalis Senior
2. Kartini Sapta - Aktivis perempuan
3. Radityas Utami - Pendamping Desa Watumalang
4. Insan Mahmud - Akademisi Unsiq


Total Dibaca