BIMTEK INTEGRASI DATA SIDesa JAWA TENGAH

BIMBINGAN TEKNIS INTEGRASI DATA SE-KABUPATEN WONOSOBO

Selasa 29 Oktober 2019 sampai dengan Kamis 31 Oktober 2019 bertempat di Gedung Korpri Kabupaten Wonosobo, semua Desa di Kabupaten Wonosobo menguikuti Bimbingan Teknis Integrasi Data Se-Kabupetan Wonosobo yang diadakan oleh Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah. Kecamatan Watumalang mengikuti kegiatan bimbingan teknis di hari Rabu 30 Oktober 2019. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan agar admin SID di semua Desa mampu mengintegrasikan data-data keuangan dan administrasi Desanya ke berbagai portal data yang tersedia. Diantaranya SIDesa Jawa tengah, Open Data Keuangan Desa, Website Desa, Media Sosial Desa dan lainnya.

Adanya Dana Transfer Desa membuat Desa menjadi sorotan dari berbagai pihak. Semua yang berkepentingan memiliki rasa ingin tahu yang besar mengenai sistem pengelolaan keuangan pada Pemerintah Desa. Banyak Kepala Desa harus mempertanggungjawabkan tindakan tidak terpujinya di balik jeruji besi untuk waktu yang lama. Nama baik Desa tercoreng dan Pemerintah Desa tidak lagi dipercaya warga.

Dengan banyaknya kasus penyelewengan dana yang terjadi,sangat diperlukan adanya keterbukaan informasi Publik Desa yang akan mengurangi tingkat kecurangan para pelaku di Desa.Sinyal ini ditangkap dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo. Open Data Keuangan Desa merupakan produk kebanggaan di Kabupaten Wonosobo yang memuat semua informasi keuangan di Desa yang bisa diakses secara online. Selain itu Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Wonosobo juga berperan besar dalam upaya pembuatan website resmi Desa secara gratis untuk semua Desa di Kabupaten Wonosobo.

Dengan bimbingan teknis ini, diharapkan Desa tidak lagi tabu untuk membuka informasi untuk masyarakat. Karena semua Desa bisa mengakses data dari desa dan dapat diakses oleh semua pengguna, kecuali untuk informasi yang dikecualikan. Pemerintah sangat memberikan perhatian khusus kepada Desa untuk selalu berkembang dan menjadi Desa yang terbuka. Karena kita harus melaksanakan slogan "SAYA DESA SAYA TERBUKA".

 


Total Dibaca